Saturday, December 10, 2005

Hari hari terakhir tinggal di Belanda

Agustus 1986

Pada saat terakhir tinggal diBelanda, kebetulan ibu saya nyusul, mau jalan2 katanya sambil nungguin saya ngepak barang kalinye....
Abisnya pas saya ngepak, blio nih sedang jalan2 ke Inggris, Perancis dan Jerman. Hebatnya ibu saya tuh dapat kenangan dari perjalanan itu, ketemu teman yang sampe sekarang masih kontak2an.

Jalan2 ke Volendam, biasa kan kalau turis ke Belanda apa lagi yang dicari, ya ke Volendam, selain foto pake baju khas londo, juga souvenirnya asyik banget, banyak pilihannya dan gak mahal.
Hari hujan jadilah kita menari payung gaya seenaknya....heran juga kok saya bisa punya payung yang senada ama bajunya, sepatunya juga matching banget....

Kalau ngelihat dandanan ibu saya, kayaknya hari itu dingin ya ? lha kok saya pake rok doang mana pendek lagi, koq kuat ya ? Biasa kan udah ngerasain salju yang lumayan dingin jadi summer dingin mah kecilllll, jangan coba sekarang, gara2 turun berat badan lebih 20 kg, sekarang mah kerjanya kedinginan melulu.....

Nah ini yang sedap, dingin2 mampir sini, pattat krametje, kentang gorengnya atau french friesnya Belanda itu besar2 tapi garing dan yang uniknya itu sausnya mayonnaise yang khusus untuk patatnya, bukan mayo yang ada disupermarket, warnanya lebih krem dan gurih sekali, nyam nyam. Juga mosselen, itu lho kerang ijo yang goreng tepung juga enak disini( tapi aku gak suka). Juga ada haring goreng tepung, ada juga yang mentah, kan doyanannya orang londo makan ikan haring mentah. Kayaknya haring tuh ikan sarden deh? Gak pernah suka aku baik yang mateng apalagi yang mentah...passsss.....

Akhirnya habis juga hidup saya diBelanda, seneng banget tinggal dinegara ini, rasanya pada saat itu sewaktu akan meninggalkan Belanda, sedih banget.
Tapi kalau saat ini saya ditanya mau gak tinggal lagi disana, kok jawabnya, engga ah cukup aja, kalau main kesana lagi masih oke. Kangen juga ama anginnya yang kenceng, sampai bikin badan oleng, juga dengan saljunya yang tebal.
Tapi untuk tinggal menetap disana rasanya belum terbesit lagi keinginan. Mungkin karena setelah kami tinggal di Bontang kan sering banget kami mampir Belanda, dan rasanya akhir2 ini Belanda gak senyaman waktu kita tinggal disana.
Mungkin juga karena alasan yang sudah lama menjadi ganjelan dihati, untuk tinggal ditempat dimana makanan halal gak susah dicari. Gak nyampur mana yang halal dengan yang gak halal. Gak enaklah rasa hati ini, rasanya memang sudah waktunya lebih allert lagi, karena di jaman muda batasan itu meski tidak sekalipun dilanggar tapi juga selalu ada digaris yang tipis. Diusia sudah mulai tidak muda lagi, apalagi yang akan dicari, kalau bukan dan hanya ke ridhoan Allah semata.

Comments: Post a Comment



<< Home

This page is powered by Blogger. Isn't yours?