Saturday, December 24, 2005

Toko Ramee dan Bazaar

Selama masa study di Belanda, untuk menambah pengalaman, juga lumayan nambah uang saku, penulis bekerja pada salah satu toko yang menjual aneka ragam makanan Indonesia, baik yang masih mentah maupun yang sudah matang.
Karir di toko itu dimulai dari pencuci panci dan pemotong bahan makanan hingga dipercaya untuk membuat risoles, atau martabak ( dalam jumlah yang aduhai....) dan pekerjaan memasak lainnya.
Toko Ramee, tempat saya belajar dan magang, rasanya gak cukup terimakasih saya pada toko yang satu ini, bisa sambil belajar dan dibayar pula. Memang hobby memasak sudah lama saya sukai hanya saja dengan bekerja ditempat ini, bisa juga belajar bagaimana cara me-manage masakan dalam jumlah besar, yang akhirnya saya bisa membuka usaha catering hingga 13 tahun di Bontang. Disinilah cikal bakalnya.


Para cabin crew berpose, Magda pake baju biru spesialisasinya risoles, Gina baju coklat biasanya kerja di depan, tante Ram yang orang Thailand, bantu potong2, yang baju kotak2 ini si pembuat martabak ( asli lupa namanya). Waktu ini karir saya baru bantu2 aja belum dipercaya bikin sesuatu dan potong2 sayur aja, kadang bantu2 didepan, melayani pembeli makanan. Baru setelah saya buka bazaar sendiri baru dipercaya masak atau bikin kuenya.....
Yang jongkok, anak pemiliknya, Lily dan suaminya yang gemuk dibelakang Guan Ciang, yang pake baju putih itu pemiliknya, Tante Tan. diapit dengan mvr Wiesje dan tante Ram.


Di tahun kedua tinggal di Belanda, dengan berbekal ilmu yang didapat dari toko Ramee berani- in diri aja ikutan bazaar.Menu yang ditawarkan, sebagian besar bikin sendiri kecuali bakpao ( konsinyasi), lapis ( lupa siapa sumbernya), kopi dan minuman kaleng.

Nah ini timnya, kita aja ber4. Tangguhkan ? jaman itu lho segini banyaknya makanan dikerjakan ber 2 aja, pan yang laki2 mah tim support. Toni ini teman sekolahnya mas, yang kebetulan pacarnya Endang berteman baik dengan saya.( 22 tahun yang lalu sih mereka masih pacaran, sekarang mah udah nikah dan punya anak 2, Eveline dan Celine).Toni ini yang ngajarin saya ber email ria, ditahun 94, saya gak pernah lupa deh jasamu itu. Kalau sama Endang sih sampe detik ini juga masih saling ber komunikasi. Dan kalau kami mampir Belanda selalu menyempatkan datang kerumah mereka, teman lama yang masih akrab..... Ya gak sih Endang ? jadi inget kamu mau bikin ayam kodok terus dipandu dengan email ? jadi juga ya ayam kodoknya, hebat kamu.....

Nih suasana jualan di Bazaar Oosterse Markt, yang terjemahan bebasnya berarti pasar dari timur, bertempat diMuseum Nusantara. Ramai sekali pengunjungnya. Dan alhamdulillah habis loh dagangan kita nih.
Bagian ngomong ama orang Belandanya sih bagiannya Toni, yang memang sejak umur 5 tahun sudah tinggal di Belanda, wah logatnya mah udah gak bisa dibedain lagi ama lokal londonya...
Gayanya nge-goreng tahu isi sih boleh juga ya ? Sambil kedinginan soale kan harus pake baju batik, nah namanya gak punya batik, yang ada daster ini aja, jadilah daster dirangkep sweater tapi tetep aja agak kedinginan, soalnya musim semi kali ini masih agak dingin.
Masih terkenang londonya tanya : Wat is ongol2 ? dengan logat g nya londo. Tapi yo laku tuh, abis unik. Londo kan banyak yang suka kue2 tradisionil kita.
Kami juga masih dibantu dengan 2 orang teman lagi, yang satu teman baiknya Toni, alm Imam ( sudah meninggal beberapa tahun yang lalu karena kanker otak), juga Budi kakaknya Toni, yang datang bantuin jualan aja terus lari pulang..... Wel, gezellig hoor met jouw in de buurt.



Comments:
Aku iseng2 browse di internet dan ketemu blogmu. Leuk!! Ada fotoku lagi. Kamu pasti masih inget dgn Gina kan. Apa kabar dgn kalian?
Salam juga dr Arif buat kalian.
 
Gina kasih email addressnya dong...jadi kangen pengen nostalgia...
kamu masih di Belanda ya ?
 
Post a Comment



<< Home

This page is powered by Blogger. Isn't yours?